Blog qu

SeLaMaT DaTaNg dI BloG CePpi

Selasa, Januari 18, 2011

Tips & Trick MS. Word 2007

Tips & Trick MS. Word 2007

Pendahuluan

Program Ms. Word adalah program yang terintegrasi dengan program Microsoft lainnya yaitu Microsoft Office. Maka, untuk membuka dan menggunakan program ini, kita harus membuka programnya dari menu Microsoft Office di bagian Program pada Menu START. Namun sebenarnya untuk membuka program ini bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu :
A. Melalui Start Menu

1. Klik Menu Start
2. Pilih Programs
3. Pilih Microsoft Office (atau jika langsung ada program Microsoft Word tinggal diklik)

B. Melalui Desktop/Shortcut

1. Cari icon/lambang Microsoft Word
2. Klik 2 kali pada icon tsb

Setelah Program Ms. Word dibuka akan tampil suatu animasi kertas untuk tempat kita mengetik dokumen kita sama seperti kertas asli.


Program Ms. Word terdiri dari banyak bagian dimana setiap bagian mempunyai arti dan fungsi khusus dan mendasar dari program Miscrosoft Word. Kita bisa memulainya dari bagian pertama yang terletak pada atas Program Ms. Word.

Title Bar (Kotak Nama/Judul) merupakan bagian yang menampilkan nama atau judul dokumen file yang sedang dibuka atau yang disimpan.

Menu Bar ( Kotak Menu ) merupakan bagian kedua yang terlihat dibawah title bar. Menu bar ini berisi Menu-menu perintah dasar dari Program Ms. Word. Baik dari perintah membuka, menyimpan dan perintah-perintah lainnya.

Toolbar ( Kotak Tombol Shotcut ) berisi bagian yang menampilkan shortcut-shotcut icon dari perintah-perintah dasar Menu Bar. Jika kita tidak mau menggunakan perintah-perintah di Menu Bar, kita bisa menggunakan shortcut-shortcut icon di toolbar ini. Untuk menampilkan toolbar-toolbar yang lain Anda bisa menggunakan Menu View.

Windows Teks ( Paper ) merupakan tempat kita mengetik kalimat teks kita.

Status Bar ( Kotak Status ) merupakan bagian yang menampilkan informasi sejauh mana dokumen kita sudah dikerjakan ( misalnya sudah berapa halaman dll ).


 












Menyimpan Dokumen (Save)

Setelah kita mengetikan teks atau kalimat yang kita ingin buat di Ms. Word, Kita bisa menyimpan dokumen tersebut dengan menggunakan Menu File atau bisa melalui shortcutnya di toolbar.

Langkah-langkah:

1. Klik Menu File
2. Klik Save As
3. Akan tampil kotak dialog penyimpanan.
4. Pilih tempat penyimpanan di kotak Save In. Kemudian Ganti nama File dokumen di File Name.
5. Klik Save untuk menyimpan. Untuk melihat sudah tersimpan atau belum, lihat nama file yang kita buat sudah tampil di Title bar atau belum.

Note: Jika kita ingin menyimpan dokumen dengan menggunakan toolbar, kita bisa mengklik icon save yaitu berupa gambar disket untuk menyimpan, kemudian diikuti oleh langkah 3 di atas.

Membuka Dokumen (Open)

Jika kita telah menyimpan file dokumen kita di komputer. Namun di kemudian hari kita ingin membukanya lagi, kita bisa menggunakan Menu File untuk membuka dokumen yang telah kita simpan tersebut.

Langkah-langkah:

1. Klik menu File
2. Klik Open
3. Sama seperti langkah penyimpanan dokumen, akan tampil kotak dialog pembukaan.Pilih Kotak Look in untuk memilih tempat dokumen yang telah disimpan tsb.
4. Pilih nama file dokumennya
5. Klik Open untuk membuka

Note: Selain melalui program Microsoft Word, untuk membuka dokumen Word yang telah kita simpan, kita juga bisa menggunakan Windows Explorer.

Mewarnai Teks

Pada program Microsoft Word kita bisa melakukan perwarnaan terhadap teks yang kita anggap penting untuk memberikan penegasan atau untuk mempercantik dokumen.

Langkah-langkah:
1. Pilih Teks yang ingin di warnai
2. Klik icon perwarnaan di drawing bar atau di bagian bawah yang dilambangkan dengan huruf A tegak
3. Pilih warna yang disukai

Mengatur Posisi Teks (Alignment)

Setelah pewarnaan teks, kita juga bisa mengatur posisi atau meratakan teks yang kita buat untuk memperindah dokumen word kita. Letak posisi teks pada Microsoft Word ada tiga ditambah satu lagi untuk meratakan batas kiri dan kanan teks. Pem-format-an ini dinamakan alignment.

Kita bisa melakukannya dengan menggunakan icon alignment pada toolbar.

Note :

CTRL + L = Untuk Rata Kiri

CTRL + R = Untuk Rata Kanan

CTRL + E = Untuk Rata Tengah

Mengubah Jenis Gaya & Ukuran Teks

Fasilitas yang lain untuk pem-format-an adalah fasilitas untuk mengubah jenis, gaya dan ukuran Teks. Apakah teks pada dokumen Word kita mau ditebalkan, dimiringkan, diberi garis bawah atau diberi gaya tulisan yang berbeda dengan ukuran huruf yang berbeda pula. Semua bisa dilakukan dalam pem-format-an.

Fasilitas ini dapat kita temukan pada toolbar diwakili dengan icon-icon berupa Huruf B untuk menebalkan ( BOLD ), Huruf I (Italic) untuk memiringkan dan Huruf U ( Underline )untuk memberi garis bawah.

Note : pem-format-an khusus untuk pewarnaan, posisi, jenis , gaya dan ukuran huruf serta spesial effect yang lain untuk teks dokumen bisa kita lakukan melalui menu Format ] Font.



















Mengatur Paragraph

Kita juga bisa mengatur paragraf-paragraf pada teks dokumen, baik spasi antar kalimat, kecondongan, kedalaman dari suatu kalimat dengan kalimat yang lain dan sebagainya.

Caranya ialah dengan terlebih dahulu memilih teks yang ingin diatur, kemudian pilih Paragraph. Setelah itu tinggal dipilih bagian yang diperlukan untuk mengatur paragraf baik dari segi spasi dan kecondongannya.






 

0 komentar:

Posting Komentar

Download

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites