Blog qu

SeLaMaT DaTaNg dI BloG CePpi

Sabtu, Januari 15, 2011

5. Sistem Operasi (OS)

SISTEM OPERASI (OPERATING SYSTEM)

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang menjadi dasar operasi sebuah komputer. Tanpa sistem operasi, program atau aplikasi komputer tidak dapat dijalankan. Sistem operasi lah yang menjadi perantara antara perangkat komputer dan pemakai. Sistem Operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar.

SISTEM OPERASI

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
* Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi.
* Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory.
* Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
* Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
* Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

JENIS-JENIS SISTEM OPERASI

Windows
Sistem operasi Windows dikembangkan oleh Microsoft. Saat ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di tanah air. Sistem operasi ini adalah produk komersial, sehingga pemakai komputer harus membeli lisensi sebelum menggunakannya. Beberapa varian Windows di antaranya: Windows NT, Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2008, dan yang akan datang Windows 7.

Unix
Merupakan sistem operasi tertua di dunia. Sistem operasi ini bahkan telah menjadi dasar pengembangan sistem operasi lain, misalnya System V, BSD, Mac OS, dan Linux.

Linux
Sistem operasi turunan Unix yang sangat populer karena dikembangkan secara gotong-royong dan bersifat gratis. Karena sifatnya terbuka atau Open Source, maka ada ratusan varian Linux, antara lain Debian, Ubuntu, Fedora, Slackware, dan Knoppix. Beberapa di antaranya juga dikemas menjadi produk komersial, misalnya SuSE dan Redhat.

Mac OS
Merupakan sistem operasi turunan Unix yang dikembangkan oleh Apple. Sama seperti Windows, Mac OS merupakan produk komersial. Umumnya sistem operasi ini dipaketkan ke dalam komputer produk Apple, yaitu Macintosh.

0 komentar:

Posting Komentar

Download

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites